Definisi manajemen adalah cabang ilmu pengetahuan untuk memahami proses manusia dalam saling bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu yang berguna untuk individu, golongan atau masyarakat. Orang yang merencanakan dan melaksanakan tugas manajemen disebut sebagai manajer. Pengertian manajemen secara umum juga bisa didapat melihat dari segi etimologinya.

Manajemen Secara Etimologi

Kata manajemen datang dari bahasa Perancis kuno yaitu ménagementyang artinya seni melaksanakan dan mengatur. Kata ini juga kemungkinanmulai dipakai dalam bahasa Italia (1561) yaitu maneggiare yang artinya mengendalikan yang ditujukan untuk pengendalian kuda yang didapat dari bahasa latin manus yang artinya tangan.

Manajemen Menurut Para Ahli

Kalangan ahli maupun pakar memiliki pendapat berbeda dalam melihat pengertian manajemen. Beberapa diantaranya adalah;

Encylopedia of the Social Science, manajemen merupakan suatu proses yang dalam pelaksanaan tujuannya direncanakan dan diawasi.

John D. Millet, dalam bukunya Managemen in the Public Service menjelaskan bahwa manajemen merupakan proses memberikan arahan pekerjaan pada setiap orang dalam sebuah organisasi untuk mencapai tujuan organisasi.

Prajudi Atmosudirdjo, manajemen adalah mengadakan sesuatu dengan cara menggerakkan orang, uang, mesin, dan alatsesuai kebutuhan.

Luther Gulick, manajemen sebagai suatu bidang ilmu pengetahuan secara sistematis bertujuan untuk memahami cara dan alasan manusia bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu.

Theo Haimann dan William Scott, manajemen merupakan proses sosio-teknikal memanfaatkan sumber daya, pengaruh, tindakan hingga fasilitas perubahan demi mencapai tujuan.

Fredrik Winslow Taylor, sebagai seni untuk mengenali apa yang dilakukan, lalu melihat cara melakukan hal tersebut dengan cara terbaik dan termurah.

Pentingnya Manajemen

  1. Hani Handoko menjelaskan 3 alasan utama pentingnya manajemen bagi individu, organisasi, perusahaan dan lain sebagainya. Ketiga alasan tersebut diantaranya;
  • Untuk mencapai tujuan pribadi atau organisasi
  • Untuk menjaga keseimbangan diantara beberapa tujuan, sasaran maupun kegiatanyang mungkin saling bertentangan dengan pihak lain yang juga memiliki kepentingan dalam organisasi yang sama.
  • Untuk mencapai efisiensi serta efektivitas terbaik

Dengan demikian dapat disimpulkan definisi manajemen secara umum yakni proses yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, kepemimpinan, pengendalian serta pengawasan terhadap pemanfaatan sumber daya dan sumberlain dengan efektif dan efisien demi mencapai tujuan yang ditetapkan.